Senin, 03 Oktober 2011

Tutorial Corel Draw


Mengenal CorelDRAW

Disini kita orang menggunakan CorelDRAW X4
sebelum ke pokok permasalahan alangkah baiknya kita mengenal hal yang berkaitan dengan lingkungan kerja CorelDRAW, prosedur yang digunakan untuk menjalankan program CorelDRAW X4 adalah: Klik tombol Start > Programs > Corel Graphics Suite X4 > CorelDRAW X4, kemudian tampil kotak dialog sebagai berikut :

Quick Start:
Menu untuk memulai dengan cepat dengan membuka beberapa file yang terakhir dikerjakan,
What’s New:
Menu tentang informasi terbaru program coreldraw X4 dengan berbagai kelebihan dibanding CorelDRAW versi sebelumnya
Learning Tools:
Menu informasi tentang cara belajar menggunakan CorelDRAW dengan video DVD dan tambahan 5 link menu untuk tutorial CorelDRAW X4.
Gallery:
Menu informasi tentang hasil olah kerja dengan CorelDRAW hasil karya para desainer yang telah menyumbang hasil karya mereka diweb resmi coreldraw, disana diberikan link untuk mengujungi langsung web pembuat desain dengan coreldraw ini.
Updates:
Link untuk update CorelDRAW terbaru dan berpartisipasi untuk menyumbangkan hasil karya dengan CorelDRAW international design contestan
Sebagai langkah awal pembuatan objek grafis sampeyan pilih Quick Start > Start New > New Blank Document (untuk versi sebelumnya pilih New Graphic), sehingga tampil lembar kerja utama sebagai berikut :
  1. Judul Window: Berisi nama program dan nama file
  2. Menu Bar: Berisi perintah yang digunakan
  3. Toolbar Standard: Untuk mempersingkat pekerjaan.
  4. Property Bar: Tombol mempermudah pemakaian Toolbox
  5. Toolbox: Alat untuk memproses atau memodifikasi objek
  6. Rulers: Untuk ketepatan ukuran objek
  7. Status Page: Informasi tertang jumlah halaman
  8. Control Window: Perkecil, perbesar dan menutup window.
  9. Printable Area: Area pencetakan objek gambar
  10. Drawing Window: Area untuk mengolah objek gambar
  11. Vertical Scrollbar: Untuk menggulung layar tegak lurus
  12. Color Palette: Untuk warna pada objek gambar aktif
  13. Status Bar: Berisi informasi objek gambar aktif
  14. Horizontal Scrollbar: Untuk menggulung layar mendatar
  15. Dockers: menu Roll Up
Cara Sederhana Meningkatkan Performa CorelDRAW

Secara default CorelDRAW memperoleh quota memory sebesar 25% saja dari memori di komputer kita Apabila program CorelDRAW kita menjadi lemot atau lambat saat bekerja kita masih bisa mensiasati dengan memperbesar quota tersebut yaitu:
Klik menu Tools pada Menu Bar kemudian pilih Options…
Pada kotak dialog Options pilih WorkspaceMemory
pada halaman Memory yang muncul tentukan nilainya yang mas bro sekalian  inginkan pada kolom Maximum lalu kik OK

Nah… gimana sangat mudah dan gampang bukan? begitulah cara sederhana meningkatkan performa CorelDRAW

Interactive Mesh Fill Tool (M)

Interactive Mesh Fill Tool (M)

Gambar dibawah merupakan contoh gambar asli bawaan dari CorelDRAW, Kenapa kok gambar ini yang dibuat contoh?…..karena ini adalah Sample Asli disamping gambarnya sudah ada dalam bentuk Vector juga trik yang digunakan sebagian besar masih asli menggunakan menu/fitur yang ada (belum di Ctrl+Q, Ctrl+K ataupun Convert To Bitmap)

Kalau Mas Bro Sekalian menginginkan contoh gambar vector asli yang seperti ini untuk latihan begini langkahnya (jangan sekali2 anda Open file ini biar nggak amburadul..!! karena file ini bukan Read-only lebih baik anda Import)
File > Import > My Computer > Local Disk (C:) > Program Files > Corel > CorelDRAW Graphic Suite X4 > Draw > Samples > ada 3 sample bawaan dari CorelDRAW pilih yang Sample2 > klik OK
Nah…sekarang pilih object Bemper misalkan (klik (drag) seret aja ke bawah)
Object masih dalam keadaan terpilih klik Mesh Fill pada Toolbox
Maka gambar langsung aktif menu Mesh Fill-nya karena sudah dari sononya….Coba anda otak-atik digeser-geser gitu… loo …asik kan..!!
Ya….. seperti itu Menu Mesh Fill Tool.

Kalau pingin kreasi dengan warna pilihan kita sendiri, Mesh Fill masih dalam keadaan aktif di klik Clear Mesh
Jadinya seperti ini gambarnya

Kemudian kita Shift+klik satu2 node (kotak2 yang kecil itu bro kalau yang aktif warnanya hitam agak besar)atau dengan di blog maka akan seperti gambar dibawah trus pilih warna sesuai dengan yang Mas Bro inginkan, seperti contoh kita klik (klik itu berarti klik kiri pada mouse) warna kuning, maka disekitar node yang aktif akan tampak warna kuning …dst…. dst…


Catatan;
Jadi pada prinsipnya kita mendesain menggunakan Interactive Mesh Fill Tool itu adalah murni kreasi dari Mas Bro Sekalian dan yang penting dalam mendesain dibutuhkan ketelatenan dan image yang dibangun oleh mas2 bro sendiri…..sekian. Selamat mencoba…

Mengubah Bitmap ke Vector dengan cepat

Tips dan trik tutorial corelDraw kali ini akan membahas tentang proses tracing pada sebuah image atau gambar (Mengubah Bitmap ke Vector dengan cepat), pada kasus ini adalah logo adidas dengan format .jpg akan kita buat warna-warni dengan corelDraw X5.
Langkah Pertama
Silakan buka gambar yang akan kita proses, dalam hal ini adalah logo dari adidas, jika belum ada silakan cari setelah kita buka lembar kerja baru maka kita tinggal melakukan proses import
Maka jika proses importing berhasil gambar akan berada di lembar kerja kita

Untuk memulai proses tracing maka klik pada logo yang akan kita trace ( rubah dari bitmap ke vector agar bisa kita beri warna ) lalu pilih iconTrace bitmap – Outline trace – Hight Quality Image

Langkah Selanjutnya :
Anda akan masuk dalam menu tracing seperti dibawah ini
Akan ada dua posisi logo, dimana yang atas adalah logo asli format .jpg (bitmap base) dan yang bawah adalah vector base (artinya msih dapat kita olah) pastikan chek dan unchek menu seperti gambar diatas chek pada Remove Bacground , Specify Color, Remove color from entire image, Retrive Object Overlap jika dirasa sudah selesai tinggal klik ok Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini

Pada keadaan standart maka logo baru hasil tracing akan sama persis diatas logo lama yang masih bitmap, langkahnya sederhana klik logo dan geser kebawah maka logo akan terlihat menjadi dua

Untuk membedakan logo yang sudah bisa diedit dan belum logo yang digeser kebawah tinggal diberi warna dengan memilih dari color tool disamping kanan. Lalu hapus logo yang atas yang masih dalam bentuk .jpg atau bitmap karena tidak bisa diolah/diedit. Karena pada posisi default/standart logo yang sudah berbentuk vector (terbukti bisa diganti warna) masih dalam satu posisi grouping (masih menjadi satu) maka perlu dilakukan ungrouping atau memisah bagian demi bagian dari logo tersebut




Tidak ada komentar:

Posting Komentar